Kamis, 18 Oktober 2012

Museum Nasional - Jakarta


Museum Nasional terletak di Jalan Merdeka Barat 12 Jakarta menempati bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda. Cikal bakal berdirinya museum diawali ketika tanggal 24 April 1778 dibentuk sebuah perkumpulan ilmiah bernama Bataviaasch Genootschap van  Kunsten en Wetenschappen. Waktu itu perkumpulan (J.C.M. Radermacher) menyumbangkan gedung di Jalan Kalibesar beserta koleksi buku dan benda-benda lainnya yang kemudian menjadi dasar pendirian museum.
Pada masa pendudukan Inggris dalam rangka meningkatkan kinerja lembaga tersebut dibuat gedung baru di Jalan Majapahit 3. Sekarangmenjadi bagian dari komplek Sekretaris Negara. Selanjutnya pada tahun 1862, ketika koleksi sudah memenuhi  ruang gedung di Jalan Majapahit, pemerintah Belanda mendirikan gedung baru yang kinimenjadi menjadi Museum   Nasional. Gedung ini mulai dibuka untuk umum tahun 1868. 
Setelah mengalami pasang surut dalam pengelolaan, pada tanggal 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia (LKI) menyerahkan kepada pemerintah Republik Indonesia. Museum Nasional juga dikenal sebagai Museum Gajah, karena dihadiahkannya patung gajah berbahan perunggu oleh Raja Chulalongkorn dari Thailang pada tahun 1871 yang kemudian dipasang di halaman depan museum. Meskipun demikian sejak 28 Mei 1979, nama resmi lembaga ini adalah Museum Nasional Republik Indonesia.

sumber: leaflet museum nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar